Warta PKKMB Ilmu Sejarah 2022

 

       


          Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau PKKMB atau juga yang biasa kita kenal dengan istilah “ospek” adalah sebuah kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun oleh kampus dalam rangka atau sebagai bentuk pengenalan kehidupan baru di dunia kampus atau bangku kuliah bagi seorang mahasiswa baru. Kegiatan ini rutin diselenggarakan oleh hampir setiap kampus di Indonesia bahkan dunia di setiap tahun awal baru masuk. Sesuai dengan pengertiannya PKKMB berarti serangkaian kegiatan yang ada di perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan maba dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri serta mempercepat proses adaptasi di lingkungan baru dan memberikan bekal untuk keberhasilan menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Salah satu kampus yang menyelenggarakan kegiatan ini adalah Universitas Negeri Yogyakarta.

    

        Semua prodi atau jurusan di Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan kegiatan ini, tak terkecuali Prodi Ilmu Sejarah UNY. Di sini saya berhasil mewawancarai Daffa Farras .A. yang merupakan mahasiswa Ilmu Sejarah Angkatan 2021 yang menjabat sebagai Ketua Umum PKKMB Prodi Ilmu Sejarah. Menurut Daffa, tujuan dari dilaksanakannya kegiatan PKKMB Ilmu Sejarah ini adalah untuk mengharapkan para mahasiswa baru agar lebih dahulu mengenal lingkungan kampusnya sebelum memasuki perkuliahan dengan kata lain sebagai pengantar dunia perkuliahan bagi mahasiswa baru. Kemudian untuk siapa saja yang terlibat dalam agenda ini adalah panitia dan juga peserta” tuturnya. Untuk panitia sendiri biasa digunakan dalam metode kombinasi antara angkatan 2020 dan angkatan 2021 sedangkan untuk pesertanya jelas seluruh mahasiswa baru Ilmu sejarah 2022. 


         Berhubung saat ini (waktu wawancara) sedang pandemi sehingga mereka ada terobosan baru atau cara baru agar kegiatan ini tetap berjalan karena mengingat acara ini sangat potensial bagi mahasiswa baru sehingga panitia memutuskan untuk melaksanakan PKKMB secara daring melalui zoom. Lalu untuk mengatasi mahasiswa baru yang keberatan atau terkendala, sebelum memulai acara panitia mengecek terlebih dahulu apakah ada maba yang kesulitan dan dari hasil penelusuran tidak ada maba yang mengalami kesulitan. Kegiatan ini dilaksanakan pada 26 Agustus 2022 secara zoom dan panitianya ditempatkan di 3 ruangan yaitu Laboratorium Ilmu Sejarah, Ruang PKM Musik, dan Ruang Kuliah 21. Dalam segi persiapannya prodi Ilmu Sejarah lebih awal daripada prodi yang lain, karena persiapannya sejak 3 bulan sebelum kegiatan yaitu sejak akhir April, di mana mereka sudah mulai membentuk panitia kecil-kecilan atau inti dan membuka pendaftaran bagi panitia pengurus per divisi. Dalam perjalannya tentu saja tidak berjalan mulus pasti ada kendalanya seperti miskom, slow respon, dan lainnya. Namun dengan segala keyakinan dan usahanya Daffa berhasil tetap menjalankan panitia PKKMB sampai hari pelaksanaannya. Daffa juga berhasil meyakinkan personalnya untuk mengedepankan profesionalitasnya ketimbang emosionalnya agar PKKMB berjalan dengan lancer sampai selesai hari-h nanti.


       Itulah sekilas gambaran terkait situasi PKKMB di Ilmu sejarah UNY. Dari Prodi Ilmu Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta, Kota Yogyakarta. Saya Birawa Pramudiya Melaporkan.


Oleh: Birawa Pramudya Jati N.

Wartawan Divisi Pers dan Historiografi HMIS UNY dan Tim Sanskerta Online 2022

Komentar