Futsal Bersama: Merajut Silahturahmi, Mengembangkan Minat Diri




                Meredanya kasus Covid-19 di Indonesia pasca dihantam dengan gelombang varian Omikron yang menyebar di awal tahun 2022, disambut baik oleh masyarakat. Kebijakan pelonggaran yang diberlakukan pemerintah membuat aktivitas, terutama fisik kembali bergairah. Salah satu kegiatan yang bergairah kembali adalah keluarga besar Ilmu Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kegiatan olahraga pun mulai dilakukan kembali.


                Pada kesempatan yang telah lama ditunggu oleh sebagian besar mahasiswa penggiat olahraga futsal, adanya kegiatan ini disambut dengan baik. Kegiatan ini kurang lebih telah rehat kurang lebih selama 2,5 bulan. Adapun rehat ini disebabkan adanya pergantian pengurus Himpunan Mahasiswa Ilmu Sejarah (HMIS) dari Kabinet Gelegar Harmoni menuju Kabinet Wirasena. Kegiatan futsal sendiri menjadi salah satu pembuka dari program kerja yang direncanakan oleh Kabinet Wirasena.


                Kegiatan yang berlangsung pada 10 Maret 2022 ini berlangsung secara lancar. Pelaksanaan dari kegiatan sendiri diatur oleh HMIS dengan tupoksi dari divisi Minat dan Bakat (MIBA). MIBA sendiri memilih tempat di Telaga Futsal 1 yang sudah sering digunakan untuk latihan rutin dari periode sebelumnya. Adanya kegiatan ini membuat mahasiswa yang memiliki minat futsal dapat tersalurkan.


                Melalui informasi yang didapat dari wartawan Sanskertaonline, kegiatan ini menjadi salah satu ajang silaturahmi antar angkatan di Ilmu Sejarah UNY. Mas Sembuk—sapaan akrab Nurhadi Prasetyo (21) selaku kepala divisi MIBA menyebutkan “di samping berolahraga manfaate juga mempererat silaturahmi antar angkatan bahkan dari alumni pun juga ada yang dateng sehingga bisa mengakrabkan antar angkatan di prodi kita ilmu sejarah. untuk antusiasnya sih banyak yang dateng mas dari beberapa angkatan” ujar Sembuk saat diwawancarai pada Sabtu (12/03/2022) melalui WhatsApp.


                Hal sama juga yang diungkapkan oleh mas Raflisyah (21), yang menjabat sebagai ketua HMIS 2022. “Kemarin ya, antusiasmenya lumayan tinggi. Ya karena memang hampir per angkatan ada perwakilannya. Kemudian mainnya santai namun tetap ada sisi kompetitifnya dari masing-masing individu buat cetak gol” ujar Raflisyah yang diwawancarai secara santai pada Minggu (13/03/2022) melalui WhatsApp.


            Harapan ke depan selama periode Kabinet Wirasena, mampu menampung minat bakat mahasiswa dibidang olahraga dan seni. Melalui divisi MIBA diharapkan mampu menampung bakat dari mahasiswa Ilmu Sejarah UNY. Hal ini juga di dukung oleh ketua HMIS. “Untuk saat ini masih mengikut tahun lalu ya, latihan rutin dan seterusnya. Paling kalo banyak minat di cabang lain ya bukan tidak mungkin kita bakalan buka itu” kata Raflisyah.


Editor: Fajar Wahyu Sejati

Reporter: Birawa Pramudya J.N, Aryo Gesang Srikaton, Ignatius Senapatya Pandujagad Y.


*Tulisan ini merupakan tulisan pembuka dalam peran Sanskertaonline untuk menjadi wadah pers dari kegiatan Himpunan Mahasiswa Ilmu Sejarah 2022 Kabinet Wirasena.

Komentar