Buletin Sanskerta Online Awal Tahun 2022

 


BERUMPA DENGAN SAUDARA TUA

Pada majalah kali ini kami mengangkat tema pengaruh budaya populer Asia Timur ke Nusantara dari masa ke masa. Menurut kami tema tersebut menarik untuk diangkat karena selain karena berhubungan dengan pembelajaran yang diterima dalam perkuliahan, perkembangan budaya, seni, dan musik di Nusantara ini sedikit banyaknya dipengaruhi oleh  kebudayaan di daratan benua Asia. 

Tulisan-tulisan di dalam majalah kali ini diisi dengan penjelasan tentang pengaruh kultural Asia Timur ke Asia Tenggara, dimulai pada masa Hindu Buddha. Salah satu pengaruh dalam kebudayaan Indonesia adalah masuknya budaya China, yang jumlah komunitasnya meningkat drastis sejak era kolonial. Setelah kemerdekaan, interaksi dengan budaya dari wilayah Asia Timur ini semakin tinggi, dibantu oleh perkembangan teknologi dan informasi. Dalam tulisan ini juga kami ingin mengajak para pembaca untuk mengapresiasi dan menilik kembali budaya-budaya populer dari wilayah Asia Timur yang berkontribusi dalam keragaman budaya di Indonesia maupun dalam perkembangan trend saat ini.

Kami ucapkan juga terima kasih sebesar-besarnya kami sampaikan kepada pengurus HIMA. Tak lupa ucapan selamat dan untuk terus semangat bagi para mahasiswa yang telah membagikan tulisan mereka dalam kegiatan ini dan semoga kedepan nya mampu menjadi pemantik untuk berkarya dengan produktif. Buletin ketiga ini menjadi wadah bagi mahasiswa Ilmu Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta untuk menuangkan kreativitasnya dalam menulis dan berdiskusi.

Kami berharap tulisan-tulisan dalam majalah edisi ketiga ini akan memberikan manfaat bagi para pembaca dalam menambah wawasan terutama tentang perkembangan budaya populer di Indonesia. Kami tentunya menyadari bahwa majalah edisi ketiga ini masih memiliki banyak kekurangan, karena itu kami mohon maaf atas kekurangan yang ada. Upaya perbaikan akan kami lakukan terus menerus untuk memperbaiki kualitas majalah pada edisi berikutnya. Serta tak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada seluruh kontributor yang telah mendukung majalah edisi kali ini. Akhir kata selamat membaca, tetap semangat berkarya untuk kita semua.

 

Penanggung Jawab Flamboyan Dwi Cahyo Pemimpin Redaksi Raihan Risang Anugerah Pratama Editor Irvan Maulana, stam Mulyana, Muhammad Eno Al Ikhsan  Sekretaris Fadhila Husna Asri Bendahara Juwita Panggabean Redaktur Pelaksana Artaqi Bi Izza Al Islami Cover & Ilustrator Maytri Zahra Saraswati, Raymizard Alifian Firmansyah Layouter & Fotografer Raymizard Alifian Firmansyah 

 


Komentar