Buletin Sanskerta Online Akhir Tahun 2021

 


J E L A J A H   K O T A B A R U

Buletin kedua ini menjadi wadah bagi mahasiswa baru Ilmu Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta untuk menuangkan kreativitasnya dalam menulis dan berdiskusi. Adapun tema dari buletin ini adalah arsitektur Kotabaru dari masa ke masa dalam rangkaian kegiatan Ekspedisi. Oleh karenanya terimakasih sebesar-besarnya kami sampaikan kepada pengurus HMIS dan panitia pelaksana kegiatan Ekspedisi yang menjadi satu bagian dalam rangkaian kegiatan Kotabaru yang telah berkolaborasi untuk memenuhi cita-cita menjadikan HIMA sebagai wadah ekspresi mahasiswa. Tak lupa ucapan selamat dan untuk terus semangat bagi mahasiswa baru yang telah membagikan tulisan mereka dalam kegiatan ini dan semoga kedepanya mampu menjadi pemantik untuk berkarya dengan produktif.

Kotabaru merupakan sebuah wilayah dengan sejarah panjang di Yogyakarta, mulai dari kompleks pemukiman elit bagi aparat kolonial dengan gardu listrik yang ikonik dan bangunan gereja yang menjadi salah satu ikon kota Yogyakarta. Kemudian menjadi markas tentara pendudukan Jepang yang menyebabkan kerusakan bagi gereja Katolik Kotabaru yang juga dijadikan kamp interniran Belanda akibat kebijakan anti-Kristen dan anti-Eropa Jepang. Kemudian situs terjadinya pertempuran sehingga menyebabkan didirikanya Masjid Syuhada untuk mengenang para pejuang, dan kini salah satu bangunanya menjadi Konsulat Tunisia. Dengan demikian, mari bersama-sama kita terjun melintasi waktu untuk menjelajahi Kotabaru.

 \

Penanggung Jawab Flamboyan Dwi Cahyo Pemimpin Redaksi Raihan Risang Anugerah Pratama Editor Irvan Maulana, Artaqi Bi Izza Al Islami Sekretaris Fadhila Husna Asri Bendahara Juwita Panggabean Redaktur Pelaksana Astam Mulyana, Muhammad Eno Al Ikhsan Cover & Ilustrator Maytri Zahra Saraswati, Raymizard Alifian Firmansyah Layouter & Fotografer Raymizard Alifian Firmansyah 

 



Komentar