BAGAIMANA PERKEMBANGAN HISTORIOGRAFI ANAK DI INDONESIA? WAWANCARA SECTION WITH AMOS

 

Potret. Anak-anak saat diberlakukannya pendidikan militer pada masa Pendudukan Jepang.

Belum begitu banyak studi studi sejarah yang meletakkan posisi anak-anak sebagai sentralitas dari hisotoriografi. Ada beberapa kemungkinan mengapa hal ini bisa terjadi. Pertama, hanya sedikit sumber primer yang memuat kesaksian atau memotret situasi anak-anak di masa lalu. Kedua, secara metodologis, kesaksian anak-anak dianggap tidak valid lantaran memorinya masih bercampur dengan imajinasi. Namun apapun alasannya, memang patut diakui bahwa anak-anak di masa lalu belum begitu terungkap. Bahkan eksposur perempuan di masa lalu sudah lebih jauh dan banyak dalam rimba historiografi.


Oleh sebab itu, Sanskerta melakukan sesi wawancara bersama Amos, mahasiswa Ilmu Sejarah UNY tentang perkembangan historiografi anak di Indonesia masa kini.Mari simak bersama!


NONTON DISINI | Google Drive

Komentar